Sihotang, Rifaldo (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED BERBANTUAN GEOGEBRA PADA SISWA KELAS X SMK S PARIWISATA IMELDA MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4182111014 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 4182111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
3. NIM. 4182111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4. NIM. 4182111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 4182111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM. 4182111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13. NIM. 4182111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. NIM. 4182111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menerapkan pendekatan open-ended berbantuan Geogebra pada siswa kelas X SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah X SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan yang berjumlah 32 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan tes kemampuan penalaran matematis dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal dan disetiap akhir siklus diberikan tes kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa mengalami peningkatan dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Pada tes kemampuan awal, kemampuan penalaran siswa berada pada tingkat kemampuan kategori sangat rendah. Untuk ketuntasan klasikal pada siklus I, terdapat 62,5 % siswa atau 20 orang siswa yang mendapatkan nilai tidak tuntas dan hanya terdapat 37,5 % siswa atau 12 siswa yang mendapatkan nilai tuntas dengan tingkat kemampuan penalaran matematis kategori rendah. Kemudian pada tes siklus II mengalami peningkatan pula, secara klasikal diperoleh 87,5 % siswa atau 28 siswa mendapatkan nilai yang tuntas dan hanya 12,5 % siswa atau 4 siswa yang mendapatkan nilai tidak tuntas dengan tingkat kemampuan penalaran matematis kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan open-ended berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 063 |
Keywords: | Penalaran matematis; Geogebra; Pendekatan open-ended; Persamaan linear tiga variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 04:11 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53599 |