Panjaitan, Cronika Desranti (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI SMP SWASTA R.A KARTINI TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111083 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 4183111083 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. NIM 4183111083 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. NIM 4183111083 PREFACE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM 4183111083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9. NIM 4183111083 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
13. NIM 4183111083 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
14. NIM 4183111083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media audiovisual di kelas VIII SMP Swasta R.A Kartini Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta R.A Kartini Tebing Tinggi berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dalam proses pembelajaran dan 1 kali pertemuan melakukan evalusi untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media audiovisual. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa 37,08 dengan persentase klasikal 3,3% sebelum diberikannya tindakan. Setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 67,5 dengan persentase klasikal 56,6% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,67 dengan persentase klasikal 86,7%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Swasta R.A Kartini Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 046 |
Keywords: | Contextual teaching and learning; Pemahaman konsep matematika; Audiovisual; Relasi; Fungsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 03:01 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53596 |