Hudapoti, Nurul (2022) STUDI LITERATUR ANALISIS PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151111068 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 4151111068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 4151111068 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5. NIM. 4151111068 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6. NIM. 4151111068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
10. NIM. 4151111068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 4151111068 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
15. NIM. 4151111068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil studi literatur pengaruh pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Jenis Penelitian ini berupa deskriptif kualitatif dengan metode penelitian yaitu riset kepustakaan sehingga data yang diperoleh berasal dari kumpulan literatur seperti jurnal penelitian yang relevan dengan topik pembahasan yang dilaksanakan di Digital Library Universitas Negeri Medan. Teknik anaslisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari analisis di dapat bahwa: (1) Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir krtitis siswa. (2) ada beberapa faktor yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan pendekatan STEM ((Science, Technology, Engineering and Mathematics) yaitu faktor internal meliputi kemampuan yang dimiliki siswa, motivasi dan keaktifan siswa dan faktor eksternal meliputi kondisi lingkungan belajar dan bahan ajar yang diberikan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 003 |
Keywords: | Berpikir kritis; Pembelajaran matematika; Studi literatur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 08:53 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53584 |