Khadijah, Mutiara (2022) PENERAPAN BUKU DIGITAL MELALUI GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP SWASTA DHARMA PATRA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181111003 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4181111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3. NIM. 4181111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 4181111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 4181111003 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9. NIM. 4181111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13. NIM. 4181111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 4181111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan buku digital melalui Guided Discovery Learning di kelas VIII SMP Swasta Dharma Patra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan buku digital melalui Guided Discovery Learning di kelas VIII SMP Swasta Dharma Patra tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Swasta Dharma Patra yang berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah lembar observasi guru, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan disetiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dari tes
awal, siklus I, dan siklus II. Pada tes awal secara klasikal diperoleh 6 siswa (17,14%) tuntas dan rata-rata kemampuan tes awal ialah 50,91% dengan tingkat kemampuan kategori sangat rendah. Pada tes siklus I mengalami peningkatan secara klasikal diperoleh 19 siswa (51,35%) tuntas dan rata-rata tes kemampuan diperoleh 68,75% dengan tingkat kemampuan kategori rendah. Kemudian pada tes siklus II mengalami
peningkatan pula secara klasikal diperoleh 36 siswa (97%) tuntas dan rata-rata kemampuan diperoleh 85% dengan tingkat kemampuan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan buku digital melalui guided discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Dharma Patra.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 025 |
Keywords: | Guided discovery learning; Pemecahan masalah matematis; Buku digital; Sistem persamaan linear dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 08:07 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53579 |