Simbolon, Inez Laurencia (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN FILMORA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182111043 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM 4182111043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
3. NIM 4182111043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM 4182111043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM 4182111043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 4182111043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
13. NIM 4182111043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM 4182111043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dari video pembelajaran matematika menggunakan filmora pada materi statistika kelas VIII SMP Negeri 1 Onanarunggu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research
and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Onanrunggu T.A. 2022/2023. Uji coba dilakukan kepada 25 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar angket validasi media pembelajaran dan lembar angket materi media pembelajaran; (2) lembar angket kepraktisan video pembelajaran oleh guru dan siswa; dan (3) soal pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran matematika menggunakan filmora yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Hal tersebut terlihat dari hasil penilaian yang diberikan oleh ahli media dengan persentase 95% dan hasil penilaian dari ahli materi dengan persentase 97,5% yaitu dengan kategori “sangat layak”. Video pembelajaran yang dikembangkan juga praktis. Hasil penilaian kepraktisan oleh guru diperoleh dengan rerata akhir 4,00 dan rerata akhir skor kepraktisan oleh siswa sebesar 3,45 dengan kategori “sangat praktis”. Keefektifan video pembelajaran dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil belajar secara klasikal yaitu sebanyak 84%. Melalui uji N-Gain peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,716 dimana kategori tersebut termasuk dalam kategori “sedang”. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran matematika menggunakan filmora yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkat hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 048 |
Keywords: | Video pembelajaran; Wondershare filmora; Problem based learning; Hasil belajar; Media pembelajaran; Penyajian data |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 07:19 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53568 |