Ginting, Gabriyeltha (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183311011 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM. 4183311011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
3. NIM. 4183311011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4. NIM. 4183311011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. NIM. 4183311011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 4183311011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
13. NIM. 4183311011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
14. NIM. 4183311011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dari penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan yang berjumlah 3 kelas. Dari 3 kelas keseluruhan diambil secara acak 2 kelas yang kemudian dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas VII-A sebagai kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dan kelas VII-B sebagai kelas yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang sudah divalidkan oleh ahli, yaitu 2 orang dosen matematika UNIMED dan 1 orang guru matematika SMP Swasta Imelda Medan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan dengan melakukan uji normalitas data dengan menggunakan uji kolmogorov smirnof, uji homogenitas dengan menggunakan test homogenity of variance. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa melanjutkan dengan memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write sebesar 86,9 dan kelas yang diajar dengan model pembelajaran konvensional sebesar 74,7. Untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh thitung 5,293 tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka tolak H0 dan terima Ha, maka diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemudian diperoleh nilai effect size sebesar 4,08 > 1,00 artinya terdapat pengaruh yang tinggi model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 032 |
Keywords: | Komunikasi matematis; Think talk write; Pembelajaran kooperatif; Perbandingan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 04:44 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53563 |