Limbong, Dwigita Melani Christina (2022) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183311042 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM 4183311042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
3. NIM 4183311042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM 4183311042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM 4183311042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM 4183311042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
13. NIM 4183311042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM 4183311042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan literasi matematika siswa setelah menerapkan pendekatan matematika realistik di Kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Medan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 4 Medan sebanyak 30 orang siswa dan objek pada penelitian ini adalah peningkatan kemampuan literasi matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik. Instrumen penelitian yang digunakan ialah tes dan reflektif jurnal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus. Hasil analisis data diperoleh dari hasil tes kemampuan literasi matematika siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah diterapkan pendekatan matemtika realistik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,05 dengan kategori rendah, ketuntasan klasikal sebesar 26,6% dan nilai N-Gain sebesar 0,5 dengan kategori sedang. Data tersebut menunjukkan bahwa indikator nilai belum memenuhi target maka penelitian dilanjutkan pada siklus II dengan melakukan perbaikan dari siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,5 dengan kategori tinggi, ketuntasan klasikal sebesar 86,6% dan nilai N-Gain sebesar 0,8 dengan kategori tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa indikator nilai sudah memenuhi target sehingga penelitian tersebut dihentikan. Maka, berdasarkan hasil penelitian ini, kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 4 Medan dapat meningkat dengan menggunakan pendekatan matematika realistik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 MAT 050 |
Keywords: | Literasi matematis; Matematika realistik; Persamaan linear satu variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 09:05 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 09:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53555 |