Najlasari, Devi (2022) PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 61. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181111053 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4181111053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
3. NIM. 4181111053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
4. NIM. 4181111053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
5. NIM. 4181111053 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM. 4181111053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
13. NIM. 4181111053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
14. NIM. 4181111053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning berbantuan autograph di kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan
komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning berbantuan Autograph di kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat yang berjumlah 21 orang. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi guru, tes kemampuan komunikasi matematis dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan disetiap akhir siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Pada tes awal secara klasikal diperoleh 4 siswa (19%) tuntas dan rata-rata kemampuan tes awal ialah 41,26 dengan tingkat kemampuan kategori sangat rendah. Pada tes siklus I mengalami peningkatan secara klasikal diperoleh 10 siswa (47,62%) tuntas dan rata-rata tes kemampuan diperoleh 59,92 dengan tingkat kemampuan kategori sangat rendah. Kemudian pada tes siklus II mengalami peningkatan pula secara klasikal diperoleh18 siswa (85,71%) tuntas dan rata-rata
kemampuan diperoleh 84,92 dengan tingkat kemampuan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model guided discovery learning berbantuan autograph untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 257 |
Keywords: | Guided discovery learning; Komunikasi matematis; Autograph; Sistem persamaan linear dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 08:54 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53554 |