Rahmad, Defri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI I KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. DEFRI RAHMAT NIM.8126174004 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. DEFRI RAHMAT NIM.8126174004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
3. DEFRI RAHMAT NIM.8126174004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. DEFRI RAHMAT NIM.8126174004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. DEFRI RAHMAT NIM.8126174004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. DEFRI RAHMAT NIM.8126174004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. DEFRI RAHMAT NIM.8126174004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. DEFRI RAHMAT NIM.8126174004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. DEFRI RAHMAT NIM.8126174004 BAB I.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
13. DEFRI RAHMAT NIM.8126174004 BAB V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14. DEFRI RAHMAT NIM.8126174004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara yang bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran (Problem Based Learning, Group Investigation, dan Konvensional) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara; dan 2) Pengaruh model pembelajaran (Problem Based Learning, Group Investigation, dan Konvensional) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4 kelas, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini 3 kelas dengan jumlah 36 orang siswa yaitu kelas XA sebagai kelas dengan pembelajaran Problem Based Learning, kelas XB sebagai kelas dengan pembelajaran Group Investigation, dan kelas XC sebagai kelas dengan pembelajaran Konvensional. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan: 1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 40 item; dan 2) tes berpikir kritis dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 item. Metode penelitian ini kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan anakova dan anava 2 jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitin diperoleh bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran (Problem Based Learning, Group Investigation dan Konvensional) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara, dimana yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning 81,38±10,09, Group Investigation 74,94±11,22, dan Konvensional 68,98±11,75, dengan Fhitung = 13,026; p = 0,000 dan taraf signifikansinya = 0,05; (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran (Problem Based Learning, Group Investigation, dan Konvensional) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara, dimana yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning 79,58±10,23, Group Investigation 73,47±11,57, dan Konvensional 66,80±10,29, dengan Fhitung = 12,794; p = 0,000 dan taraf signifikansinya = 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 2 Rah p |
Keywords: | Hasil belajar; Model belajar; Berpikir kritis; Problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2016 09:08 |
Last Modified: | 20 May 2016 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5355 |