PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO

Sirait, Agnes Alfi Khairuni (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183311018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183311018 COVER.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183311018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183311018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183311018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183311018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183311018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183311018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183311018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183311018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183311018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183311018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183311018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183311018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183311018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183311018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran problem posing melalui edmodo. Populasi dari penelitian yaitu seluruh siswa kelas SMP Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 5 kelas. Dari 5 kelas keseluruhan diambil secara acak 2 kelas yang kemudian dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen I yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VII- C sebagai kelas Eksperimen II dengan model pembelajaran problem posing. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal postes dan lembar observasi aktibitas guru yang sudah divalidkan oleh ahli, yaitu 2 orang dosen matematika UNIMED dan 1 orang guru matematika SMP Muhammadiyah 1 Medan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dua pihak. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji liliefors. uji homogenitas dengan menggunakan uji-F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa melanjutkan ketahapan berikutnya. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pada nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 86,43 dan kelas Eksperimen II sebesar
75,85. Untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dua pihak, dari hasil perhitungan diperoleh �ℎ

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 248
Keywords: Eksperimen semu; Pembelajaran berbasis masalah; Problem posing; Edmodo; Hasil belajar; Bangun datar segiempat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:29
Last Modified: 09 Nov 2023 03:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53543

Actions (login required)

View Item
View Item