Sirait, Agnes Alfi Khairuni (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183311018 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM 4183311018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM 4183311018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM 4183311018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM 4183311018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
9. NIM 4183311018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13. NIM 4183311018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. NIM 4183311018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran problem posing melalui edmodo. Populasi dari penelitian yaitu seluruh siswa kelas SMP Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 5 kelas. Dari 5 kelas keseluruhan diambil secara acak 2 kelas yang kemudian dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen I yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VII- C sebagai kelas Eksperimen II dengan model pembelajaran problem posing. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal postes dan lembar observasi aktibitas guru yang sudah divalidkan oleh ahli, yaitu 2 orang dosen matematika UNIMED dan 1 orang guru matematika SMP Muhammadiyah 1 Medan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dua pihak. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji liliefors. uji homogenitas dengan menggunakan uji-F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa melanjutkan ketahapan berikutnya. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pada nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 86,43 dan kelas Eksperimen II sebesar
75,85. Untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dua pihak, dari hasil perhitungan diperoleh �ℎ
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 248 |
Keywords: | Eksperimen semu; Pembelajaran berbasis masalah; Problem posing; Edmodo; Hasil belajar; Bangun datar segiempat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 03:29 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53543 |