Pitaloka, Intan Leli (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BABALAN ANGKATAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4182141005 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4182141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
3. NIM. 4182141005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM. 4182141005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. NIM. 4182141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9. NIM. 4182141005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM. 4182141005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
14. NIM. 4182141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi atas sering dilakukannya Pembelajaran Project Based Learning oleh guru SMA Negeri 1 babalan. Hasil wawancara menyatakan tidak ada perangkat terencana untuk mengukur proses pembelajaran berbasis proyek sehingga pembelajaran tidak runtut. Guru telah mengupayakan sikap ilmiah walau penerapannya belum cukup baik. Tingkat berpikir kritis siswa juga masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan Sikap Ilmiah siswa melalui PjBL di masa pandemi covid-19 pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI SMA Negeri 1 Babalan Angkatan 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan bulan Januari 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang tersebar ke dalam 4 kelas dengan jumlah 140 siswa. Sampel di ambil berdasarkan teknik purposive sampling diambil berdasarkan kelas yang paling aktif. Sampel pada penelitian yaitu kelas XI MIPA 1. Instrumen penelitian menggunakan tes esai, angket dan lembar observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model PjBl pada masa pandemi covid-19 pada materi pernapasan terpenuhi/ tercapai dengan target yang diinginkan sesuai langkah-langkah PjBL walau masih ada tahapan yang tidak sepenuhnya terjalankan dengan baik dengan nilai rata-rata 82,81 % dengan kategori baik sekali. Aktivitas yang harus ditingkatkan lagi khususnya pada aktivitas dalam menyampaikan tujuan pembelajaran, aktivitas dalam membimbing siswa mengenai waktu pengumpulan tugas, kemampuan dalam menilai hasil pembelajaran. Berdasarkan seluruh indikator kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernapasan manusia dianalisis kategori kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 babalan adalah kategori tinggi bernilai rata-rata dari seluruh indikator yaitu 70 ± 7,01. Berdasarkan seluruh indikator Sikap Ilmiah pada materi sistem pernapasan manusia dianalisis kategori kemampuan Sikap Ilmiah siswa SMA Negeri 1 babalan adalah kategori Baik dengan rata-rata nilai 79 ± 7,24. Dari hasil penelitian didapat bahwa kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah melalui pembelajaran project based learning di masa pandemi covid-19 pada materi sistem pernapasan manusia di kelas XI SMA Negeri 1 babalan angkatan 2021/2022 sudah dilaksanakan oleh SMA Negeri 1 Babalan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 094 |
Keywords: | Project based learning; Berpikir kritis; Sikap ilmiah; Sistem pernapasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 06:39 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 06:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53497 |