PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FISIKA BERBASIS SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE 3 MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 1 BAGAN SINEMBAH

Wahyuni, Sari Siti (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FISIKA BERBASIS SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE 3 MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 1 BAGAN SINEMBAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171121033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171121033 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171121033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171121033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171121033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171121033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171121033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171121033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171121033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171121033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4171121033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4171121033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171121033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171121033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4171121033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4171121033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media oleh guru belum mampu mengatasi keterbatasan waktu pembelajaran dan meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran, bagaimana keefektifan media pembelajaran dan untuk mengetahui bagaimana respon pengguna terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan atau Research and DevelopmentI (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 35 orang siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bagan Sinembah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ada lima yaitu: 1). Angket kelayakan ahli materi; 2). Angket kelayakan ahli media; 3). Angket kelayakan oleh guru mata pelajaran; 4). Angket respon peserta didik; dan 5). Angket validasi dari soal pretest-posttest yang berjumlah 25 soal dalam bentuk pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif persentaase. Hasil uji coba kelayakan oleh ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak (88,3%), ahli media pembelajaran mendapatkan kriteria sangat layak (86,6%), dan guru mata pelajaran mendapatkan kriteria sangat layak (84,2%). Respon siswa pada uji kelompok kecil mendapatkan hasil dengan kriteria efektif (3), produktif (3,13), aman (3,21), dan puas (3,23). Pada uji kelompok besar mendapatkan hasil dengan kriteria efektif (3,15), sangat produktif (3,36), aman (3,03), dan sangat puas (3,28). Hasil keefektifan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa termasuk dalam kategori sedang (0,62). Disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif fisika berbasis software articulate storyline 3 pada materi fluida statis yang dikembangkan layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 050
Keywords: Media pembelajaran interaktif; Articulate storyline 3; Fluida statis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:33
Last Modified: 26 Oct 2023 08:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53477

Actions (login required)

View Item
View Item