Wahyuni, Sari Siti (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FISIKA BERBASIS SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE 3 MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 1 BAGAN SINEMBAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171121033 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM 4171121033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM 4171121033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM 4171121033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM 4171121033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
9. NIM 4171121033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM 4171121033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
14. NIM 4171121033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penggunaan media oleh guru belum mampu mengatasi keterbatasan waktu pembelajaran dan meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran, bagaimana keefektifan media pembelajaran dan untuk mengetahui bagaimana respon pengguna terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan atau Research and DevelopmentI (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 35 orang siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bagan Sinembah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ada lima yaitu: 1). Angket kelayakan ahli materi; 2). Angket kelayakan ahli media; 3). Angket kelayakan oleh guru mata pelajaran; 4). Angket respon peserta didik; dan 5). Angket validasi dari soal pretest-posttest yang berjumlah 25 soal dalam bentuk pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif persentaase. Hasil uji coba kelayakan oleh ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak (88,3%), ahli media pembelajaran mendapatkan kriteria sangat layak (86,6%), dan guru mata pelajaran mendapatkan kriteria sangat layak (84,2%). Respon siswa pada uji kelompok kecil mendapatkan hasil dengan kriteria efektif (3), produktif (3,13), aman (3,21), dan puas (3,23). Pada uji kelompok besar mendapatkan hasil dengan kriteria efektif (3,15), sangat produktif (3,36), aman (3,03), dan sangat puas (3,28). Hasil keefektifan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa termasuk dalam kategori sedang (0,62). Disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif fisika berbasis software articulate storyline 3 pada materi fluida statis yang dikembangkan layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 050 |
Keywords: | Media pembelajaran interaktif; Articulate storyline 3; Fluida statis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 08:33 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53477 |