Jeprimsa, Rio (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA PADA MATERI HUKUM HOOKE DI SMA RK DELI MURNI BANDAR BARI T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183121052 COVER.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
2. NIM. 4183121052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
3. NIM. 4183121052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM. 4183121052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 4183121052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
9. NIM. 4183121052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
13. NIM. 4183121052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
14. NIM. 4183121052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two group pretest-pottest design. Pada penelitian ini populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa SMA RK Deli Murni Bandar Baru kelas XI MIPA yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA A dan MIPA B. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA A sebanyak 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA B sebanyak 38 siswa.pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen untuk pengumpulan data pada penelitian berupa tes pilihan berganda yang terdiri dari 20 butir soal pretest-posttest yang sudah divalidasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning berjalan dengan bak dan membuat siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Hasil pengolahan data dengan model discovery learning pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Dari hasil uji t (satu pihak) dengan taraf signifikan 0,05diperoleh thitung = 4,244 dan ttabel =1,688. Karena thitung > t tabel maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga ada pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi hukum hooke di SMA RK Deli Murni Bandar Baru T.P 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 070 |
Keywords: | Discovery learning; Elastisitas; Hukum hooke; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 09:16 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 09:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53474 |