PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA SWASTA ERIA MEDAN

Wulandari, Melinda (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA SWASTA ERIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4181121022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4181121022 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4181121022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4181121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4181121022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4181121022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4181121022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4181121022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4181121022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4181121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4181121022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4181121022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4181121022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4181121022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4181121022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4181121022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model blended learning berbantuan edmodo terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA Swasta Eria Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yang masing-masing berjumlah 28 siswa yaitu XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes berupa soal objektif untuk menilai hasil belajar siswa dan angket untuk menilai respon siswa terhadap model pembelajaran blended learning berbantuan edmodo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen diperoleh 60,23 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol diperoleh 58,80. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen diperoleh 79,52 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol diperoleh 74,75. Hasil penyebaran angket diperoleh rata-rata respon siswa sebesar 74% dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning berbantuan edmodo terhadap hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 058
Keywords: Blended learning; Edmodo; Hasil belajar; Suhu; Kalor; Pedagogi; Andragogi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:16
Last Modified: 25 Oct 2023 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53471

Actions (login required)

View Item
View Item