Widianty, Weny (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183331033 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 4183331033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. NIM. 4183331033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4. NIM. 4183331033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
5. NIM. 4183331033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. NIM. 4183331033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
13. NIM. 4183331033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM. 4183331033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajarkan dengan model Inkuiri Terbimbing dan Problem Based Learning (PBL) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Swasta Kesuma Bangsa Londut yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling purposive, peneliti menentukan anggota sampelnya berdasarkan guru yang sama saat mengajar di kelas, yaitu pada kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dan Kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning yang masing-masing berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes yaitu tes pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang telah divalidasi oleh validator ahli dan siswa serta instrument nontes berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas selama proses pembelajaran berlangsung. Kedua kelas dilakukan perlakuan yang sama yaitu pada pertemuan awal dilakukan pretest dan pada pertemuan terakhir dilakukan posttest. Data yang diamati adalah hasil dan aktivitas belajar siswa. Data dianalisis dengan uji t dua pihak setelah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil uji hipotesis I diperoleh nilai Sig < α (0,012 < 0,05) yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Problem Based Learning. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Inkuiri Terbimbing lebih rendah
dibandingkan dengan model Problem Based Learning (78,97 < 83,68). Hasil uji hipotesis II diperoleh nilai Sig < α (0,000 < 0,05) yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Problem Based Learning. Rata-rata aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model Inkuiri Terbimbing lebih rendah dibandingkan dengan model Problem Based Learning (65,497 < 72,091). Hasil uji hipotesis III menunjukkan terdapat korelasi aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model
Inkuiri Terbimbing dan Problem Based Learning dengan diperoleh nilai Pearson Correlation sebesar 0,797 yang bermakna hubungan korelasi tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 065 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Problem based learning; Larutan elektrolit; Larutan non elektrolit; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 07:48 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53456 |