Saputri, Sri Dewi (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181131016 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2.NIM. 4181131016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3. NIM. 4181131016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 4181131016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM. 4181131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
9. NIM. 4181131016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
13. NIM. 4181131016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
14. NIM. 4181131016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya penggunaan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik serta kurangnya perhatian peserta didik terhadap lingkungan dan sesama. Kemampuan peserta didik dalam menghubungkan materi yang dipelajari dengan teknologi, lingkungan, dan masyarakat juga menjadi salah satu tuntutan dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik terhadap e-modul pembelajaran terintegrasi pendidikan karakter berbasis SETS pada materi sistem koloid. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Labuhan Deli. Populasi dalam penelitian ini adalah guru, dosen kimia, dan peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas yakni kelas XI MIPA. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran kimia yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator ahli dengan kriteria “Sangat Layak” dengan rata-rata validasi skor 3,74 ± 0,443. Kemudian, berdasarkan hasil pengolahan angket respon siswa, diperoleh bahwa e-modul yang dikembangkan secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 88,58% yang termasuk kedalam kriteria “Sangat Baik”. Sejalan dengan data yang diperoleh dari tes hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar e-modul memperlihatkan peningkatan hasil belajar. Selanjutnya, data dianalisis dengan One Sample T-Test pada program SPSS 22.0 for windows dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan e-modul bahan ajar kimia terintegrasi pendidikan karakter berbasis SETS pada materi sistem koloid lebih besar dari 75.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 060 |
Keywords: | E-modul; Pendidikan karakter; Sistem koloid; Bahan ajar; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 07:35 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53455 |