Tamba, Nancy Davici (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (Guided Inquiry ) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183331040 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 4183331040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
3. NIM. 4183331040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM. 4183331040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. NIM. 4183331040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4183331040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
13. NIM. 4183331040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM. 4183331040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran inkuiri terbimbing adalah suatu model pembelajaran dimana siswa dituntut lebih aktif untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan motivator. Peranan guru dalam pembelajaran membantu siswa untuk memahami mengenai hakekat sains dan literasi sains melalui penerapan berbagai strategi dan metode pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Guided Inquiry dan Direct Instruction berbantuan video pembelajaran, dan mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan inkuiri terbimbing lebih tinggi dari yang diajar dengan Direct Instruction. Peneletian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ronggurnihuta Kabupaten Samosir bulan November-Desember. Penelitian ini bersifat penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design), yang terdiri dari kelas eksperimen dengan model pembelajaran Guided Inquiri dan kelas kontrol dengan Direct Instruction. Data diolah secara deskriptif dan analisis secara kuantitatif menggunakan program SPSS 20 for windows. Nilai rata-rata Pretest kelas Ekperimen adalah 34,17 dan nilai rata-rata Postest adalah 84,72. Sedangkan dalam kelas kontrol nilai rata-rata Pretest 34,44 dan nilai posttest 76,81. Dari pengolahan dan analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dengan N-Gain sebesar 77,46% (berada pada kategori tinggi) dan kelas kontrol dengan N-Gain sebesar 63,91% (berada pada kategori sedang). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) berbantuan video pembelajaran lebih baik dan lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari model Direct Instruction.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 050 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Pengajaran langsung; Video pembelajaran; Termokimia; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 05:39 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 05:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53444 |