Lestari, Lili (2022) Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Literasi Sains Pada Materi Termokimia. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182131005 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4182131005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. NIM 4182131005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4. NIM 4182131005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. NIM 4182131005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
9. NIM 4182131005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
13.NIM 4182131005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14. NIM 4182131005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi literasi sains pada materi termokimia. Subjek pada penelitian ini adalah modul berbasis inkuiri terintegrasi literasi sains. Objek pada penelitian ini adalah materi Termokimia. Penelitian ini mengacu pada langkah- langkah Borg and Gall namun dibatasi sampai 5 langkah atau tahapan. Langkah- langkah dimulai dengan pengumpulan data dan informasi, perencanaan pengembangan modul, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil uji coba. Modul yang telah dikembangkan divalidasi oleh 3 validator ahli materi dan 3 validator ahli media. Kemudian, modul diuji cobakan kepada 2 orang guru dan siswa kelas XII-IPA 4 berjumlah 34 siswa SMA N 1 Tebing Syahbandar untuk melihat kemenarikan modul tersebut dengan metode pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi literasi sains pada materi termokimia memperoleh persentase rata- rata ahli materi sebesar 84,92 % dengan kategori valid/layak dan persentase rata- rata ahli media sebesar 84,93 % dengan kategori valid/ layak. Dan memperoleh nilai kemenarikan dengan persentase rata- rata respon guru sebesar 93,45 % dengan kategori sangat menarik dan persentase rata-rata respon siswa sebesar 82,52 % dengan kategori sangat menarik. Sehingga berdasarkan nilai yang diperoleh, modul termokimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi literasi sains dikatakan valid dan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar penunjang kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 045 |
Keywords: | Modul; Inkuiri terbimbing; Literasi sains; Termokimia; Bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 09:43 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 09:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53440 |