Aritonang, Hengki Wijaya P. (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL BERBANTUAN MEDIA iSpring PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183131022 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 4183131022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM 4183131022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. NIM 4183131022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM 4183131022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 4183131022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
13. NIM 4183131022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
14. NIM 4183131022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dan motivas belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL berbantuan media ispring dengan model pembelajaran konvensional berbantun media iSpring pada materi laju di SMA Swasta PAB 8 Saentis. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta PAB 8 Saentis. Sampel terdiri dari siswa kelas XI SMA Swasta PAB 8 Saentis, yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (XI IPA 2) dengan model PBL dan kelas kontrol (XI IPA 3) dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes dan non tes. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu di uji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test, hasil penelitian ini menunjukkan pada hipotesis 1 dihasilkan nilai sig sebesar 0,001 pada taraf signifikansi 5% (α= 0,05). Apabila nilai sig < α maka Ho ditolak. Dengan demikian, menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL berbantuan media Ispring dengan model pembelajaran konvensional berbantuan media iSpring. Sedangkan hipotesis 2 diperoleh nilai sig sebesar 0,04 menunjukkan adanya perbedaan motivasi belajar siswa dan hipotesis 3 diperoleh nilai sig 0,035 menunjukkan terdapat korelasi antara motivasi dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL berbantuan media ispring dengan model pembelajaran konvensional berbantun media iSpring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 069 |
Keywords: | Laju Reaksi; Problem based learning; Motivasi belajar; Ispring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 08:50 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53436 |