Simbolon, Desy Istanti (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183131047 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM. 4183131047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
3. NIM. 4183131047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4. NIM. 4183131047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 4183131047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
9. NIM. 4183131047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM. 4183131047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
14. NIM. 4183131047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa serta korelasi antara hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakkat, bulan November-Desember Tahun 2021. Penelitian ini terdiri atas 2 kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar berupa 20 pilihan ganda yang valid, instrumen tes KPS berupa tes esai.Data diolah secara deskriptif dan dianalisis secara kuantitatif. Data pretest hasil belajar pada kelas eksperimen 32,28 dan kelas kontrol 30,86 dan diketahui rata-rata nilai KPS siswa eksperimen 21,14 dan kelas kontrol 20,86. Dari data posttest diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 86,85 dan kelas kontrol sebesar 76,57. Untuk KPS didapat rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 79 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 71,93 Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa persentase keterlaksanaan Keterampilan Proses Sains dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing “sangat baik” karena 85 ≤ Persentase Keterampilan Proses Sains < 100 dan model Direct Instruction “baik” karena 70 ≤ Persentase Keterampilan Proses Sains < 85. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar dan Keterampilan Proses Sains dibandingkan dengan model Direct Instruction.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 086 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing; Pengajaran langsung; Keterampilan proses sains; Termokimia; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 04:59 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53429 |