Tarigan, Cessya Noviandra (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IKATAN KIMIA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4182131002 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4182131002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
3. NIM. 4182131002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4. NIM. 4182131002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 4182131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM. 4182131002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
13. NIM. 4182131002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. NIM. 4182131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) dengan menggunakan Macromedia Flash terhadap aktivitas dan hasil belajar ikatan kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Tebing Tinggi yang berjumlah 7 kelas dengan total 245 siswa yang diambil dengan teknik random sampling diperoleh 2 kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes pilihan berganda sebanyak 20 soal dan non tes berupa lembar observasi aktivitas dan angket. Data yang diperoleh diuji normalitas dan homogenitas untuk mengetahui data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dilakukan uji t (pihak kanan) untuk mengetahui pengaruh model dan media terhadap hasil belajar dan aktivitas dari kedua kelas dan uji t dua pihak untuk mengetahui perbedaan n-gain siswa dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (dk) =70. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dianalisis terdapat kriteria nilai hasil belajar thitung= 4,393 dan ttabel=1,667, aktivitas diperoleh thitung= 4,619 dan ttabel = 1.667 dan uji t-gain diperoleh thitung=3.4782 dan ttabel = 1.995,dimana thitung>ttabel yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning menggunakan Macromedia Flash terhadap aktivitas dan hasil belajar ikatan kimia siswa, dimana nilai rata-rata hasil belajar, aktivitas dan n-gain kelas eskperimen lebih baik dibanding kelas kontrol, yaitu hasil belajar sebesar 81,11 dan 72,08; n-gain 0,64 dan 0,56; aktivitas 80,14 dan 72,08 dan nilai respon siswa sebesar 82,34% dengan kategori sangat baik yang berarti bahwa macromedia flash sangat baik dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 051 |
Keywords: | Problem based learning; Macromedia flash; Ikatan kimia; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 07:32 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53424 |