PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN POP UP BOOK PADA MATERI TRIGONOMETRI

Sitepu, Warni (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN POP UP BOOK PADA MATERI TRIGONOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4151111104 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4151111104 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4151111104 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4151111104 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4151111104 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4151111104 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4151111104 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4151111104 PREFACE.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4151111104 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4151111104 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4151111104 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4151111104 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4151111104 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4151111104 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4151111104 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4151111104 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang dapat dinyatakan kevalidan, kepraktisan serta keefektifannya dari segi keterlaksanaan, aktivitas siswa dan respon siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan oleh S.Thagrajan, Dorothy S.Semmel dan Melvyn I. Semmel melalui tahapan Define (Pendefinisian) yaitu analisis awal-akhir, siswa, konsep dan perumusan tujuan. Sedangkan pada tahap Design (Perancangan) yaitu memilih bahan ajar, format, dan membuat rancangan awal. Tahap Develop (Pengembangan) dilakukan validasi oleh validator dan uji coba serta di tahap Disseminate (Penyebaran) terbatas dilakukan hanya di lingkungan guru Matematika SMK Tunas Karya Batang Kuis. Perangkat pembelajaran model Problem Based Learning dengan materi Trigonometri menunjukkan hasil bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan nilai validitas 4,3 dan nilai rata-rata kepraktisan dinyatakan praktis serta aktivitas siswa yang aktif lebih dominan daripada aktivitas siswa yang pasif. Perangkat pembelajaran dinyatakan valid, praktis dan efektif setelah melalui proses pengembangan yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 132
Keywords: Problem based learning; Trigonometri; Perangkat pembelajaran; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Sep 2023 05:07
Last Modified: 25 Sep 2023 05:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53416

Actions (login required)

View Item
View Item