Sitepu, Warni (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN POP UP BOOK PADA MATERI TRIGONOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151111104 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 4151111104 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. NIM 4151111104 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
4. NIM 4151111104 PREFACE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. NIM 4151111104 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. NIM 4151111104 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
13. NIM 4151111104 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14. NIM 4151111104 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang dapat dinyatakan kevalidan, kepraktisan serta keefektifannya dari segi keterlaksanaan, aktivitas siswa dan respon siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan oleh S.Thagrajan, Dorothy S.Semmel dan Melvyn I. Semmel melalui tahapan Define (Pendefinisian) yaitu analisis awal-akhir, siswa, konsep dan perumusan tujuan. Sedangkan pada tahap Design (Perancangan) yaitu memilih bahan ajar, format, dan membuat rancangan awal. Tahap Develop (Pengembangan) dilakukan validasi oleh validator dan uji coba serta di tahap Disseminate (Penyebaran) terbatas dilakukan hanya di lingkungan guru Matematika SMK Tunas Karya Batang Kuis. Perangkat pembelajaran model Problem Based Learning dengan materi Trigonometri menunjukkan hasil bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan nilai validitas 4,3 dan nilai rata-rata kepraktisan dinyatakan praktis serta aktivitas siswa yang aktif lebih dominan daripada aktivitas siswa yang pasif. Perangkat pembelajaran dinyatakan valid, praktis dan efektif setelah melalui proses pengembangan yang ditentukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 132 |
Keywords: | Problem based learning; Trigonometri; Perangkat pembelajaran; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 05:07 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 05:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53416 |