Charolina, Suci (2022) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE BERBANTUAN VIDEO ANIMASI DI SMK SRI LANGKAT TANJUNG PURA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4152111036 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 4152111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
3. NIM 4152111036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4. NIM 4152111036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5. NIM 4152111036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
9. NIM 4152111036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
13. NIM 4152111036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
14. NIM 4152111036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMK Sri Langkat Tanjung Pura dengan penerapan model belajar Example Non-Example berbantuan video animasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan TKR SMK Sri Langkat Tanjung Pura. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus 2 terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan angket respon belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi diperoleh peningkatan persentase setiap indikator pemahaman konsep matematika dari siklus I ke siklus II yaitu: 1) menyatakan ulang sebuah konsep matematis pada siklus I sebesar 90% meningkat menjadi 93% pada siklus II. 2) mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu tidak mengalami peningkatan tetap sebesar 86%. 3) membuat contoh dan bukan contoh pada siklus I sebesar 71% meningkat menjadi 86% pada siklus II. 4) menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematis pada siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 89% pada siklus II. 5) mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah pada siklus I sebesar 63% meningkat menjadi 93% pada siklus II. Selanjutnya, peningkatan persentase rata-rata hasil tes belajar dari 75,3 pada siklus I dengan kriteria sedang, meningkat menjadi 83,75 pada siklus II dengan kriteria tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 137 |
Keywords: | Pemahaman konsep matematika; Example non-example; Video animasi; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 04:13 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53412 |