Putra, Rudy Hartama (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII MTs. AMIN DARUSSALAM TEMBUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111086 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. NIM 4183111086 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. NIM 4183111086 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM 4183111086 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM 4183111086 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 4183111086 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
13. NIM 4183111086 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. NIM 4183111086 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap keaktifan belajar siswa sedemikian sehingga hasil belajar siswa pada materi perbandingan meningkat. Populasi dari penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII MTs. Amin Darussalam yang berjumlah 5 kelas. Dari 5 kelas keseluruhan diambil secara acak 2 kelas yang kemudian dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas VII-1A sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan kelas VII-1B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi yang sudah divalidkan oleh ahli, yaitu 2 orang dosen matematika UNIMED dan 1 orang guru matematika MTs. Amin Darussalam Tembung. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji kolmogorov smirnof dan uji homogenitas dengan menggunakan test homogenity of variance. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Maka dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan uji statistik T independen. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pada nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 50,37 dan kelas kontrol sebesar 36,93. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai sig 2 tailed sebesar 0,00 < 0,05, maka tolak H_0 dan terima H_a, maka diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap keakifan belajar siswa. Kemudian dari uji cohen’s diperoleh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berpengaruh sebesar 79%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.71 Put p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Keaktifan belajar; Perbandingan; Two stay two stray; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 03:08 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53408 |