Nasution, Ade Irwansyah Putra (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUAIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POLUSI LINGKUNGAN DI SMK NEGERI 2 KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1 Cover.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
2 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
3 Abstrak.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara yang bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran (Problem Based Learning, Inkuairi, dan Konvensional) terhadap hasil belajar siswa pada materi polusi lingkungan di SMK Negeri 2 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara; dan 2) Pengaruh model pembelajaran (Problem Based Learning, Inkuairi, dan Konvensional) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi polusi lingkungan di SMK Negeri 2 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4 kelas Teknik Komputer Jaringan, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini 3 kelas dengan jumlah 39 orang siswa yaitu kelas XIA sebagai kelas dengan pembelajaran Problem Based Learning, kelas XIB sebagai kelas dengan pembelajaran Inkuairi, dan kelas XIC sebagai kelas dengan pembelajaran Konvensional. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan: 1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 40 item; dan 2) tes berpikir kritis dalam bentuk essay berjumlah 10 item. Metode penelitian ini kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan anakova dan anava 2 jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitin diperoleh bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran (Problem Based Learning, Inkuairi dan Konvensional) terhadap hasil belajar siswa pada materi polusi lingkungan di SMK Negeri 2 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara, dimana yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning 81,96±9,933, Inkuairi 75,11±10,90, dan Konvensional 68,46±10,19, dengan Fhitung = 16,705; p = 0,000 dan taraf signifikansinya = 0,05; 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran (Problem Based Learning, Inkuairi, dan Konvensional) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi polusi lingkungan di SMK Negeri 2 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara, dimana yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning 79,23±10,35, Inkuairi 73,97±11,48, dan Konvensional 66,79±10,91, dengan Fhitung = 12,731; p = 0,000 dan taraf signifikansinya = 0,05.