Hasibuan, Putri Sabila Alhaq (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK, INKUIRI, DAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR, PEMAHAMAN KONSEP, DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMA NEGERI 1 KISARAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136174024 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 8136174024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
3. NIM. 8136174024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4. NIM. 8136174024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM. 8136174024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6. NIM. 8136174024 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8136174024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8136174024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8136174024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. NIM. 8136174024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14. NIM. 8136174024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek, inkuiri, dan konvensional terhadap: (1) hasil belajar, (2) pemahaman konsep, dan (3) keterampilan proses sains siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Kisaran. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, kelas B dengan model pembelajaran inkuiri, sedangkan kelas C dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda, tes pemahaman konsep, dan keterampilan proses sains dalam bentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikasi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar (P= 0,000). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek (82,50 ± 7,90) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran inkuiri (79,77 ± 8,48) dan konvensional (69,34 ± 8,23). (2) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap pemahaman konsep (P= 0,000). Pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri (80,55 ± 7,65) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran berbasis proyek (77,76 ± 8,83) dan konvensional (68,58 ± 8,34). (3) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains (P= 0,000). Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri (78,95 ± 8,257) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran berbasis proyek (77,02 ± 8,24) dan konvensional (65,34 ± 7,11). Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran inkuiri lebih baik dari model pembejaran berbasis proyek dan konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.707 1 Has p |
Keywords: | Hasil belajar; Pembelajaran inkuiri; Pembelajaran konvensional; Proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 May 2016 04:36 |
Last Modified: | 20 May 2016 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5327 |