Herwinsyah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 3111521002 Cover.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. 3111521002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. 3111521002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
3. 3111521002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
5. 3111521002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
6. 3111521002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
7. 3111521002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
8. 3111521002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
9. 3111521002 BAB I.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
13. 3111521002 BAB V.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
14. 3111521002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan penerapan model Jigsaw pada pokok bahasan Konsep berpikir kronologis, Sinkronik, ruang dan waktu dalam ilmu sejarah di Kelas X Semester I SMA Negeri 10 Medan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan yang berjumlah 198 Siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelompok yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling, yaitu Kelompok Eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,60 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes adalah 42,27. setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen dengan pembelajaran Jigsaw sebesar 82,58 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 71,21. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,91 > 1,999 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 64. Hal ini berarti Ha terima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi Konsep berpikir kronologis, Sinkronik, ruang dan waktu dalam ilmu sejarah di Kelas X Semester I SMA Negeri 10 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 SJRH 010 |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; Pembelajaran Konvensional. |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 May 2016 02:38 |
Last Modified: | 19 May 2016 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5315 |