Ikhsan (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8116174005 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. NIM. 8116174005. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 8116174005. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM. 8116174005. PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 8116174005. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM. 8116174005 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. NIM. 8116174005. LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. NIM. 8116174005 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
9. NIM. 8116174005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 8116174005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
14.NIM 8116174005 REFERENCE .pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh kombinasi model
Pembelajaran Berbasis Masalah dan Mindmap terhadap kemampuan berpikir kritis,
(2) pengaruh kombinasi model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Mindmap terhadap
kemampuan berpikir kreatif ,(3) pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir
kritis, (4) pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif, (5) bagaimana
interaksi antara kombinasi model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Mindmap
dengan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis serta (6) bagaimana interaksi
antara kombinasi model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Mindmap dengan
motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif. Jenis Penelitian ini adalah kuasi
eksperimen dengan jumlah sampel 96 mahasiswa dari 134 mahasiswa pendidikan
biologi reguler Jurusan Biologi UNIMED tahun akademik 2014. Data kemampuan
berpikir kritis diambil menggunakan tes kemampuan berpikir kritis yang diadapatasi
dari Watson Glaser Critical Thinking Apraisal (WGCTA) sebanyak 20 item, data
kemampuan berpikir kreatif diambil dengan Torrance Creative Thinking Test (TCTT),
dan data motivasi diambil menggunakan angket motivasi sebanyak 40 item. Teknik
analisis data dan uji hipotesis dilakukan dengan ANOVA Dua jalur pada taraf
signifikansi 0,05 dengan bantuan program SPSS 19.0 for windows. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan
kombinasi model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Mindmap terhadap kemampuan
berpikir kritis, (2) kombinasi model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Mindmap
berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif, (3) terdapat pengaruh
yang signifikan pada pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis, (4)
motivasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif (5) terdapat
interaksi yang signifikan antara kombinasi model Pembelajaran Berbasis Masalah dan
Mindmap dengan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis. serta (6) terdapat
interaksi yang signifikan antara kombinasi model Pembelajaran Berbasis Masalah dan
Mindmap dengan motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 1 Ikh p |
Keywords: | Motivasi; Berpikir kritis; Problem based learning; Mind map |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 May 2016 07:48 |
Last Modified: | 18 May 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5308 |