Nduru, Elena Mayanti (2015) KONTRIBUSI FASILITAS BELAJAR, KOMPETENSI GURU, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KOGNITIF SISWA SMA DI KECAMATAN TELUKDALAM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136173008 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM. 8136173008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. NIM. 8136173008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 8136173008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM. 8136173008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM. 8136173008 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 8136173008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 8136173008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
9. NIM. 8136173008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
13. NIM. 8136173008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. NIM. 8136173008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kontribusi yang diberikan oleh fasilitas belajar, kompetensi guru, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar biologi kognitif siswa SMA baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Sampel diambil dengan 2 tahapan; pertama, secara cluster random sampling dan didapatkan enam kelas X program MIA dari tiga sekolah yang berbeda. Kedua, secara random dipilih satu dari dua kelas yang diperoleh dari tahap pertama di masing-masing sekolah sehingga jumlah total sampel yang didapat sebanyak 105 siswa. Data diambil dengan cara observasi, wawancara, angket persepsi siswa tentang fasilitas belajar, angket persepsi siswa tentang kompetensi guru biologi, tes keterampilan proses sains terintegrasi, angket sikap ilmiah dan dokumen hasil ujian akhir semester mata pelajaran biologi. Semua instrumen sudah divalidasi sebelum digunakan. Data dianalisis dengan analisis jalur menggunakan program software SPSS for windows 19.0. Nilai kontribusi dari masing-masing variabel tersebut diperoleh dari hasil analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Fasilitas belajar dan kompetensi guru secara simultan berkontribusi sebesar 47,0% dan berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains, (2) Fasilitas belajar dan kompetensi guru secara simultan berkontribusi sebesar 20,1% dan berpengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah siswa, (3) Fasilitas belajar, kompetensi guru, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah secara simultan berkontribusi sebesar 61,5% dan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi kognitif siswa, (4) Pengaruh tidak langsung fasilitas belajar melalui keterampilan proses sains terhadap hasil belajar biologi kognitif siswa adalah signifikan, (5) Pengaruh tidak langsung kompetensi guru melalui keterampilan proses sains terhadap hasil belajar biologi kognitif siswa tidak signifikan, (6) Pengaruh tidak langsung fasilitas belajar melalui sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar biologi kognitif siswa adalah signifikan, dan (7) Pengaruh tidak langsung kompetensi guru melalui sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar biologi kognitif siswa adalah signifikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Ndu k |
Keywords: | Hasil belajar; Fasilitas belajar; Laboratorium; Perpustakaan; Sains; Pembelajaran biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 May 2016 07:41 |
Last Modified: | 18 May 2016 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5307 |