Sihombing, Chintani (2015) HUBUNGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN SE-KABUPATEN TAPANULI UTARA. Masters thesis, UNIMED.
NIM 8126173001 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
NIM 8126173001 APPROVEL.SHEET.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM 8126173001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
NIM 8126173001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
NIM 8126173001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
NIM 8126173001 TABLES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
NIM 8126173001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
NIM 8126173001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
NIM 8126173001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
NIM 8126173001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
NIM 8126173001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar biologi; (2) Hubungan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar biologi; dan (3) Hubungan antara keterampilan metakognitif, sikap ilmiah bersama-sama dengan hasil belajar biologi. Sampel penelitian ini adalah SMAN sekabupaten Tapanuli Utara kelas XI yang diambil dengan random sampling dengan jumlah siswa 249. Instrumen penelitian ini berupa angket dan tes. Metode penelitian ini secara deskriptif dan teknik analisis data dengan teknig regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Terdapatnya hubungan yang signifikan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar biologi siswa (r = 0,818). Keterampilan metakognitif 66,9% berkontribusi dengan hasil belajar biologi siswa.; (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar biologi siswa (r = 0,757). Sikap ilmiah 57,4% berkontribusi dengan hasil belajar biologi siswa; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan metakognitif, sikap ilmiah secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi siswa (r = 0,902). Keterampilan metakognitif, sikap ilmiah secara bersama-sama 81,3% berkontribusi dengan hasil belajar biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Sih h |
Keywords: | Teori konstruktivis; Metakognitif; Sikap ilmiah; Hasil belajar; Self regulated learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2016 08:56 |
Last Modified: | 17 May 2016 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5293 |