PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KECAKAPAN SOSIAL, DAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN LINGKUNGAN MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) YAYASAN UNIVERSITAS LABUHANBATU

Saragih, Siti Zahara (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KECAKAPAN SOSIAL, DAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN LINGKUNGAN MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) YAYASAN UNIVERSITAS LABUHANBATU. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8136174027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136174027 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8136174027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136174027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8136174027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136174027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8136174027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136174027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8136174027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136174027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8136174027 TABLES .pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136174027 TABLES .pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8136174027 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136174027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 8136174027 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8.NIM 8136174027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 8136174027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM 8136174027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8136174027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8136174027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 8136174027 BIBLIOGRAFHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM 8136174027 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) kemampuan berpikir kritis, (2) kecakapan sosial, dan (3) hasil belajar mahasiswa pada materi polusi lingkungan di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yayasan Universitas Labuhanbatu. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas A dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah, kelas B dengan model pembelajaran inkuiri, sedangkan kelas C (kontrol) dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk uraian, angket kecakapan sosial, dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis (F=10,379; P=0,000). Kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) (80,200±6,073) tidak berbeda secara statistik dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri (79,700±7,813), tetapi kedua model PBM dan inkuiri lebih tinggi secara signifikan dibandingkan model konvensional (73,000±10,198); (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kecakapan sosial mahasiswa (F= 3,262; P=0,042). Kecakapan Sosial mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) (85,100±5,546) tidak berbeda secara statistik dengan model inkuiri (83,100±5,042), tetapi lebih tinggi dibandingkan model konvensional (81,380±5,133); (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar mahasiswa (F= 3,505; P=0,033). Hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) (79,040±9,793) tidak berbeda secara statistik dengan model inkuiri (75,070±9,466), tetapi lebih tinggi dibandingkan model konvensional (68,530±7,149).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 571.950 711 Sar p
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran berbasis masalah; Berpikir kritis; Kecakapan sosial; Polusi lingkungan; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 May 2016 08:23
Last Modified: 17 May 2016 08:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5287

Actions (login required)

View Item
View Item