Purba, Nancy Angelia (2015) PENERAPAN TEKNIK REKAYASA TEKS DENGAN MEDIA KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP FATIMA 2 SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.
1.COVER .pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2.Lembar Persetujuan Dewan Penguji.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
3.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8.BAB I.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
12.BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik rekayasa teks dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII SMP Fatima 2 Sibolga Tahun Pembelajaran 2014/2015; (2) untuk mengetahui proses penggunaan teknik rekayasa teks dengan media komputer dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada siswa/siswi kelas VII SMP Swasta Fatima 2 Sibolga, terdiri dari 33 orang, menggunakan 2 (dua) siklus yang dimulai pada bulan Februari sampai dengan bulan April 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis Taggart sebanyak dua siklus. Dari hasil kegiatan pembelajaran dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) pembelajaran dengan teknik rekayasa teks dengan media komputer memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi yang ditandai dengan peningkatan hasil menulis puisi siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I memperoleh rata-rata sebesar 64 terjadi peningkatan hasil menulis puisi 17,18% dan siklus II memperoleh rata-rata sebesar 75 terjadi peningkatan hasil menulis puisi 53,06%; (2) penerapan teknik rekayasa teks dengan media komputer mempunyai pengaruh positif, yaitu peserta didik mampu menuangkan ide dan imajinasinya ke dalam puisi, meningkatkan motivasi belajar peserta didik, serta hasil nilai siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.623 Pur p |
Keywords: | Kemampuan menulis puisi; Teks; Rekayasa teks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 May 2016 08:21 |
Last Modified: | 16 May 2016 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5264 |