Sari, Siti Mayang (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BIDANG STUDI IPA SISWA KELAS VIII-I MTS NEGERI LUBUKPAKAM TA 2014-2015. Masters thesis, UNIMED.
1. SITI MAYANG SARI NIM. 8136182049 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2 SITI MAYANG SARI NIM. 8136182049 Lembar Persetujuan dan pengesahan.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3 SITI MAYANG SARI NIM. 8136182049 Abstrak.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. SITI MAYANG SARI NIM. 8136182049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. SITI MAYANG SARI NIM. 8136182049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. SITI MAYANG SARI NIM. 8136182049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. SITI MAYANG SARI NIM. 8136182049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. SITI MAYANG SARI NIM. 8136182049 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. SITI MAYANG SARI NIM. 8136182049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
10. SITI MAYANG SARI NIM. 8136182049 BAB I.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
14. SITI MAYANG SARI NIM. 8136182049 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
15. SITI MAYANG SARI NIM. 8136182049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah, pada materi zat aditif dan zat adiktif dikelas VIII-ı MTs Negeri Lubukpakam; (2) meningkatkan sikap ilmiah dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah, pada materi zat aditif dan zat adiktif dikelas VIII-ı MTs Negeri Lubukpakam Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-ı. Tehnik pengambilan data dengan mengumpulkan hasil test evaluasi, observasi kegiatan pembelajaran dan angket sikap ilmiah. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu: 1) Perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) Observasi’ dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan jumlah siswa 30 orang. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi (pengamatan) terhadap sikap ilmiah siswa. Analisis data menggunakan tehnik kualitatif dengan mengkaitkan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil test awal sebagai berikut: siswa yang mendapat nilai ≥78 5 orang, rata-rata persentase 10% peringkat baik, siswa yang mendapat nilai ≤78 6 orang, rata-rata persentase 20% peringkat cukup baik, dan siswa yang mendapat nilai <65 terdapat 18 orang dengan peringkat tidak baik. Hasil belajar siklus I, siswa yang belum tuntas 23 siswa persentase ketuntasan adalah 56,43%, dan siswa yang sudah tuntas 17 siswa persentase ketuntasan sebesar 43,58%. Data hasil observasi sikap ilmiah siswa pada siklus I terdapat kenaikan yaitu di pertemuan II. Siklus II siswa belum tuntas 5 orang 10,30%, tuntas 25 orang 87,70%. Hasil data sikap ilmiah mengalami kenaikan yang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa di kelas VIII-ı MTs Negeri Lubukpakam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sar u |
Keywords: | Hasil belajar IPA; Sikap ilmiah; Model pembelajaran berbasis masalah; Materi pokok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 May 2016 04:03 |
Last Modified: | 16 May 2016 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5255 |