PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN RITENSI MEMORI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD SWASTA RK NO.3 KOTA SIBOLGA

Gowasa, Suwisnawati (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN RITENSI MEMORI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD SWASTA RK NO.3 KOTA SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Sampul.pdf]
Preview
Text
1. Sampul.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembaran Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembaran Pengesahan.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 4. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. Daftar gambar.pdf]
Preview
Text
7. Daftar gambar.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. Bab 1.pdf]
Preview
Text
9. Bab 1.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 13. Bab 5.pdf]
Preview
Text
13. Bab 5.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. DAftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan: (1) Kemampuan berpikir tingkat tinggi dan (2) Retensi memori siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia, yang dibelajarkan dengan menggunakan media power point dan media video pembelajaran pada materi sistem pernapasan pada manusia. Penelitian quasi eksperimen ini dilaksanakan di SD RK No. 3 Kota Sibolga, dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas A yang dibelajarkan dengan menggunakan media Power Point dan kelas B yang dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi (C4 dan C6) dan retensi memori (C1 dan C3). Teknik analisis data menggunakan analisis Independent Sample t test pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 19.00. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan media video pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan media power point (63,06 : 56,96) yang beda yang sangat signifikan secara statistik (t= 2,100; p= 0,040), demikian juga (2) retensi memori siswa yang dibelajarkan dengan media video pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan media power point (83,28 : 78,03) yang berbeda signifikan (t=2,728; p= 0,008). Diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan media video pembelajaran pada materi sistem pernapasan manusia dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan retensi memori IPA siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.35 Gow p
Keywords: Media pembelajaran; Media power point; Multimedia; Video pembelajaran; Retensi memori
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 May 2016 03:40
Last Modified: 16 May 2016 03:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5251

Actions (login required)

View Item
View Item