Gowasa, Suwisnawati (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN RITENSI MEMORI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD SWASTA RK NO.3 KOTA SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.
1. Sampul.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. Lembaran Pengesahan.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. Daftar gambar.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. Bab 1.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. Bab 5.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. DAftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan: (1) Kemampuan berpikir tingkat tinggi dan (2) Retensi memori siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia, yang dibelajarkan dengan menggunakan media power point dan media video pembelajaran pada materi sistem pernapasan pada manusia. Penelitian quasi eksperimen ini dilaksanakan di SD RK No. 3 Kota Sibolga, dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas A yang dibelajarkan dengan menggunakan media Power Point dan kelas B yang dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi (C4 dan C6) dan retensi memori (C1 dan C3). Teknik analisis data menggunakan analisis Independent Sample t test pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 19.00. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan media video pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan media power point (63,06 : 56,96) yang beda yang sangat signifikan secara statistik (t= 2,100; p= 0,040), demikian juga (2) retensi memori siswa yang dibelajarkan dengan media video pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan media power point (83,28 : 78,03) yang berbeda signifikan (t=2,728; p= 0,008). Diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan media video pembelajaran pada materi sistem pernapasan manusia dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan retensi memori IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Gow p |
Keywords: | Media pembelajaran; Media power point; Multimedia; Video pembelajaran; Retensi memori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 May 2016 03:40 |
Last Modified: | 16 May 2016 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5251 |