Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Swasta IT Al-Hijrah-2 Melalui Model Project Based Learning

Ritono, Hadi (2022) Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Swasta IT Al-Hijrah-2 Melalui Model Project Based Learning. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8214071004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8214071004 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8214071004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8214071004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8214071004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8214071004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8214071004 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. 8214071004 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8214071004 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. 8214071004 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8214071004 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8214071004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8214071004 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. 8214071004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8214071004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8214071004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (904kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8214071004 CHAPTER II.pdf] Text
9. 8214071004 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 10. 8214071004 CHAPTER III.pdf] Text
10. 8214071004 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[thumbnail of 11. 8214071004 CHAPTER IV.pdf] Text
11. 8214071004 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. 8214071004 CHAPTER V.pdf] Text
12. 8214071004 CHAPTER V.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 13. 8214071004 REFERENCES.pdf] Text
13. 8214071004 REFERENCES.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 14. 8214071004 APPENDIX.pdf] Text
14. 8214071004 APPENDIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan eksperimen semu, dengan tujuan penelitian melihat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa, self-efficacy siswa, dan interaksi antara model project based learning dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan koneksi matemais siswa dan self efficacy siswa. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Swasta Islam Terpadu Al-Hijrah-2. Peneilitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest post test control design. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VII dengan sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui Teknik random sampling. Data diperoleh melalui instrument penelitian yang terdiri dari tes kemampuan awal matematika (pre test), tes kemampuan koneksi matematis (posttest), dan angket selfefficacy yang diberiakan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Data dianalisis dengan uji ANAVA dan sebelumnya dilakukan uji pra syarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis data memperlihatkan rata-rata peningkatan tes kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen adalah 83,75 dan kelas kontrol adalah 79,7, dengan nilai Fhitung = 9,701 karena 9,701 > Ftabel = 4,08, maka terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Project Based Learning dan yang diajarkan dengan model konvensional, namun dilihat dari uji N-Gain peningkatan yang terjadi pada kelas eksperimen adalah 0,45 dan peningkatan yang terjadi pada kelas kontrol adalah 0,3 Sedangkan pada self efficacy memperlihatkan ada peningkatan pada kelas eksperimen adalah 57,15 dan kelas kontrol 52,5 dengan nilai Fhitung = 20,938, karena 20,938 > Ftabel = 4,08, maka terdapat peningkatan self efficacy siswa yang diajarkan dengan model project based learning dan yang diajarkan dengan model konvensional. Untuk interaksi antara model Project Based Learning dengan kemampuan awal siswa dengan nilai Fhitung = 1,055, karena 1,055 < Ftabel = 4,08, maka tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan KAM dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis, sedangkan interaksi antara model Project Based Learning dengan angket pretes angket siswa dengan nilai Fhitung = 0,216, karena 0,216 < Ftabel = 4,08, maka tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan pretes angket dalam meningkatkan self efficacy.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Rit p
Keywords: Model Project Based Learning; Kemampuan Koneksi Matematis; Self Efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2023 05:11
Last Modified: 04 Sep 2025 01:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52355

Actions (login required)

View Item
View Item