Ritono, Hadi (2022) Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Swasta IT Al-Hijrah-2 Melalui Model Project Based Learning. Masters thesis, UNIMED.
1. 8214071004 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. 8214071004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. 8214071004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. 8214071004 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
5. 8214071004 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. 8214071004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. 8214071004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. 8214071004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (904kB) | Preview
12. 8214071004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. 8214071004 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan eksperimen semu, dengan tujuan penelitian melihat
peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa, self-efficacy siswa, dan interaksi
antara model project based learning dengan kemampuan awal siswa terhadap
peningkatan kemampuan koneksi matemais siswa dan self efficacy siswa. Penelitian ini
dilakukan di sekolah SMP Swasta Islam Terpadu Al-Hijrah-2. Peneilitian ini
merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest post test control design.
Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VII dengan sampel dua
kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui Teknik random sampling. Data
diperoleh melalui instrument penelitian yang terdiri dari tes kemampuan awal
matematika (pre test), tes kemampuan koneksi matematis (posttest), dan angket selfefficacy
yang diberiakan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Data dianalisis
dengan uji ANAVA dan sebelumnya dilakukan uji pra syarat meliputi uji normalitas
dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis data memperlihatkan
rata-rata peningkatan tes kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen adalah 83,75
dan kelas kontrol adalah 79,7, dengan nilai Fhitung = 9,701 karena 9,701 > Ftabel =
4,08, maka terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan
dengan pembelajaran Project Based Learning dan yang diajarkan dengan model
konvensional, namun dilihat dari uji N-Gain peningkatan yang terjadi pada kelas
eksperimen adalah 0,45 dan peningkatan yang terjadi pada kelas kontrol adalah 0,3
Sedangkan pada self efficacy memperlihatkan ada peningkatan pada kelas eksperimen
adalah 57,15 dan kelas kontrol 52,5 dengan nilai Fhitung = 20,938, karena 20,938 >
Ftabel = 4,08, maka terdapat peningkatan self efficacy siswa yang diajarkan dengan
model project based learning dan yang diajarkan dengan model konvensional. Untuk
interaksi antara model Project Based Learning dengan kemampuan awal siswa dengan
nilai Fhitung = 1,055, karena 1,055 < Ftabel = 4,08, maka tidak terdapat interaksi antara
model pembelajaran dengan KAM dalam meningkatkan kemampuan koneksi
matematis, sedangkan interaksi antara model Project Based Learning dengan angket
pretes angket siswa dengan nilai Fhitung = 0,216, karena 0,216 < Ftabel = 4,08, maka
tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan pretes angket dalam
meningkatkan self efficacy
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Rit p |
Keywords: | Model Project Based Learning; Kemampuan Koneksi Matematis; Self Efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2023 05:11 |
Last Modified: | 30 May 2023 05:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52355 |