Rahmiati (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII MTs Miftahussalam Medan. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8214021014 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2 NIM 8214021014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
3 NIM 8214021014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4 NIM 8214021014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
5 NIM 8214021014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6 NIM 8214021014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
7 NIM 8214021014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8 NIM 8214021014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9 NIM 8214021014 BAB I.pdf - Published Version
Download (858kB) | Preview
13 NIM 8214021014 BAB V.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
14 NIM 8214021014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar bahasa Inggris siswa yang
diajar dengan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori,
mengetahui siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi memperoleh hasil
belajar bahasa Inggris yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki
kemampuan verbal rendah, dan mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran
dan kemampuan verbal yang mempengaruhi hasil belajar bahasa Inggris
siswa.Metode penelitian kuasi eksperimen disain faktorial 2x2. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VIII (delapan) MTs Miftahussalam Medan
sebanyak 3 (tiga) kelas yang masing-masing kelas berjumlah 32 orang, dengan
demikian jumlah populasi 96 orang siswa.Pengambilan sampel dilakukan secara
cluster random sampling.Melalui disain ini akan dibandingkan pengaruh strategi
pembelajaranCTL dan ekspositori, terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa,
ditinjau dari siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi dan rendah. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diajar
dengan strategi pembelajaran CTL lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan
strategi pembelajaran Ekspositori: (2) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang
memiliki kemampuan verbal tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki
kemampuan verbal rendah; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran
CTL dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Siswa yang
memiliki kemampuan verbal tinggi memperoleh hasil belajar Bahasa Inggris yang
lebih tinggi jika dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL
dari pada strategi pembelajaran Ekspositori, sedangkan siswa yang memiliki
kemampuan verbal rendah lebih tinggi hasil belajarnya jika dibelajarkan dengan
strategi pembelajaran Ekspositori dari pada strategi pembelajaran CTL.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Rah p |
Keywords: | contextual teaching and learning; ekspositori; kemampuan verbal; bahasa inggris; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 03:54 |
Last Modified: | 29 May 2023 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52335 |