Rahmiati (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII MTs Miftahussalam Medan. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8214021014 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2 NIM 8214021014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
3 NIM 8214021014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4 NIM 8214021014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
5 NIM 8214021014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6 NIM 8214021014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
7 NIM 8214021014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8 NIM 8214021014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9 NIM 8214021014 BAB I.pdf - Published Version
Download (858kB) | Preview
![[thumbnail of 10 NIM 8214021014 BAB II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10 NIM 8214021014 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 11 NIM 8214021014 BAB III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11 NIM 8214021014 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (687kB)
![[thumbnail of 12 NIM 8214021014 BAB IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12 NIM 8214021014 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 13 NIM 8214021014 BAB V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13 NIM 8214021014 BAB V.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of 14 NIM 8214021014 DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14 NIM 8214021014 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (396kB)
![[thumbnail of 15 NIM 8214021014 LAMPIRAN.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15 NIM 8214021014 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, mengetahui siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi memperoleh hasil belajar bahasa Inggris yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah, dan mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan verbal yang mempengaruhi hasil belajar bahasa Inggris siswa.Metode penelitian kuasi eksperimen disain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII (delapan) MTs Miftahussalam Medan sebanyak 3 (tiga) kelas yang masing-masing kelas berjumlah 32 orang, dengan demikian jumlah populasi 96 orang siswa.Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling.Melalui disain ini akan dibandingkan pengaruh strategi pembelajaranCTL dan ekspositori, terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa, ditinjau dari siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran CTL lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori: (2) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran CTL dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Siswa yang memiliki kemampuan verbal tinggi memperoleh hasil belajar Bahasa Inggris yang lebih tinggi jika dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL dari pada strategi pembelajaran Ekspositori, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan verbal rendah lebih tinggi hasil belajarnya jika dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Ekspositori dari pada strategi pembelajaran CTL.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Rah p |
Keywords: | contextual teaching and learning; ekspositori; kemampuan verbal; bahasa inggris; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Linguistik Terapan Bahasa Inggris - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 03:54 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52335 |