ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL CASE METHOD BERBASIS DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 11 MEDAN

Sari, Ika Permata (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL CASE METHOD BERBASIS DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4182111017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4182111017 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4182111017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4182111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4182111017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4182111017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4182111017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4182111017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4182111017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4182111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 9.  NIM 4182111017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4182111017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4182111017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4182111017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4182111017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4182111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran dengan model case method dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul akibat kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), seperti kegiatan belajar siswa kurang aktif, rendahnya respon belajar siswa dan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model case method berbasis daring mata pelajaran matematika di kelas X IPS 1 di SMA Negeri 11 Medan. (2) Menganalisis efektivitas pembelajaran dengan menggunakan case method berbasis daring mata pelajaran matematika di kelas X IPS 1 di SMA Negeri 11 Medan ditinjau dari aktivitas belajar siswa, respon belajar siswa terhadap pembelajaran dan hasil belajar siswa. (3) Mengetahui kendala dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model case method berbasis daring mata pelajaran matematika di kelas X IPS 1 di SMA Negeri 11 Medan. Objek dari penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika yang ditinjau dari aktivitas belajar siswa, respon belajar siswa dan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, angket respon belajar siswa dan tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Pembelajaran matematika case method dilaksanakan secara daring di Kelas X IPS SMA Negeri 11 Medan dilakukan selama 2 kali pertemuan. menggunakan aplikasi Zoom meeting dan sintaks model pembelajaran matematika case method berbasis daring yang dilakukan terdiri dari 6 tahapan. (2) Pembelajaran matematika dengan menggunakan model case method berbasis daring di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 11 Medan tidak efektif karena indikator aktivitas belajar dan hasil belajar tidak memenuhi kriteria dan (3) Kendala-kendala selama belajar dengan model case method berbasis daring adalah kouta paket data siswa dan kekuatan jaringan internet siswa kurang mendukung, siswa perlu waktu siswa untuk melakukan penyesuaian terhadap model pembelajaran dan keterampilan mengajar guru yang harus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 143
Keywords: Case method; Pembelajaran daring; Efektivitas pembelajaran; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 May 2023 07:50
Last Modified: 16 May 2023 07:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52158

Actions (login required)

View Item
View Item