Sinuhaji, Eva Liasta (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII SMP N 27 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171111019 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM 4171111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. NIM 4171111019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM 4171111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
5. NIM 4171111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
9. NIM 4171111019 BAB I.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
13. NIM 4171111019 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14. NIM 4171111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Relasi dan Fungsi di kelas VIII-1 SMP N 27 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada siklus I dan 3 pertemuan pada siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP N 27 Medan yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi guru dan siswa, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Tes dilakukan sebanyak 3 kali yaitu tes awal, tes kemampuan komunikasi matematis I, tes kemampuan komunikasi matematis II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaiakan soal materi himpunan sebelum diberi tindakan, siswa belum mampu menggambar diagram (Indikator 1) (22,58%), siswa belum mampu menuliskan ide ke dalam bentuk tulisan (Indikator 2) (25,81%), dan siswa belum membentuk persamaan atau model matematika (Indikator 3) (29,03%). Setelah diberikan tindakan pada Siklus I dan Siklus II diperoleh siswa telah mampu membuat gambar diagram dan grafik suatu persamaan, siswa telah mampu menuliskan/menjelaskan ide matematis, serta siswa telah mampu membuat persamaan/model matematika dari soal diberikan. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang diberikan pada siklus I secara klasikal diperoleh, siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dari 31 siswa (48,39%) dengan nilai rata-rata 58,44. Pada siklus II, siswa yang tuntas meningkat menjadi 27 siswa dari 31 siswa (87,10%) dengan rata-rata 76,45 dan telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal karena 85% dari jumlah siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis pada kategori sedang yaitu minimal nilai ≥ 65. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-1 SMP N 27 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 151 |
Keywords: | Komunikasi matematis; Pembelajaran kooperatif; Jigsaw; Relasi; Fungsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 May 2023 08:13 |
Last Modified: | 15 May 2023 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52144 |