PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PROGRAM LINEAR SISWA KELAS XI SMA DHARMA BAKTI MEDAN

Tarigan, Dwi Emmya Grace (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PROGRAM LINEAR SISWA KELAS XI SMA DHARMA BAKTI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4182111039 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4182111039 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4182111039 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4182111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4182111039 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4182111039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4182111039 PRAFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4182111039 PRAFACE.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4182111039 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4182111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4182111039 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4182111039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4182111039 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4182111039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4182111039 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4182111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi program linear untuk siswa XI IPA. Kualitas LKPD mengacu pada aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu dalam contoh pengembangan 4-D yaitu Define, Design, Develop & Disseminate. Lantaran keterbatasan peneliti, penelitian ini dilakukan hingga tahap pengembangan. Subjek penelitian ini merupakan anak didik kelas XI IPA Swasta Dharma Bakti Medan yang dibagi 2 kelas yaitu kelas uji coba dan pelaksana.
Validitas LKPD dalam pembelajaran yang dikembangkan melalui pembelajaran berbasis masalah yang dilakukan oleh 3 validator yaitu Ibu Erlinawaty Simanjuntak, S.Pd, M.Pd., Ibu Sri Lestari Manurung, S.Pd, M.Pd. dan Ibu Sionna Bangun, S.Pd dengan skor 93%. Rerata nilai memberikan nilai dengan kategori sangat baik kemudian dikembangkan LKPD tersebut dapat dikatakan layak. Kepraktisan pembelajaran menggunakan LKPD pada kelas uji coba Lembar Kerja yang dikembangkan sudah praktis, berdasarkan tanggapan siswa dengan kategori “Baik”, tanggapan guru pada kategori “Baik” dan melalui lembar observasi pada kriteria “Sangat Baik”. Tanggapan siswa pada kelas pelaksana menyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan pada kategori “Sangat Baik”. Belajar menggunakan lembar kerja berbasis masalah terhadap tingkat pemecahan masalah siswa belum tercapai di kelas uji coba. Kembali dilakukan revisi terhadap LKPD yang dikembangkan dan diujicobakan pada kelas Pelaksana yaitu (1) Ketuntasan belajar klasikal pada kelas pelaksana persentase peserta didik yang yang memenuhi kategori sebesar 90%. (2) Indikator pembelajaran yang sudah memenuhi kategori pencapaian yang ada yaitu 100%. (3) Nilai Gain peserta didik sebesar 0,326 dengan kategori sedang sehingga LKPD berbasis masalah tersebut dapat dikatakan efektif. Peningkatan dilihat dari nilai Gain dengan nilai kelas uji coba adalah 0,293 dengan kategori rendah kelas pelaksana 0,326 dengan kategori sedang, maka peningkatan nilai Gain sebesar 0.033.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 133
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Pemecahan masalah matematis; Program liniar; Lembar kerja peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 May 2023 07:23
Last Modified: 15 May 2023 07:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52141

Actions (login required)

View Item
View Item