Zulkifli (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII DI SMP N 29 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4113311051 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2 NIM 4113311051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
3 NIM 4113311051 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4 NIM 4113311051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
5 NIM 4113311051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6 NIM 4113311051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7 NIM 4113311051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 NIM 4113311051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 NIM 4113311051 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
10 NIM 4113311051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
11 NIM 4113311051 BAB I.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
15 NIM 4113311051 BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
16 NIM 4113311051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran matematika realistik dengan pembelajaran berbasis masalah pada materi SPLDV siswa kelas VIII di SMP Negeri 29 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medann T.A. 2015/2016 yang terdiri dari 8 kelas. Dari 8 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran matematika realistik dan kelas VIII2 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran berbasis masalah dimana kedua kelas ini yang dijadikan sampel dalam penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes uraian yaitu untuk melihat hasil belajar siswa. Sebelum tes ini ditetapkan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu diujicobakan kepada siswa kelas VIII4 untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal.
Dari analisa data didapat nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen I sebesar 21,11 dan nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen II sebesar 20,97. Dari hasil analisis data pre-test kelas eksperimen I diperoleh L0 (0,1038) < Ltabel (0,1477), dan data pre-test kelas eksperimen II diperoleh L0 (0,1031) < Ltabel (0,1477). Sehingga disimpulkan data pre-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pre-test tidak terdapat perbedaan kedua varians atau kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,122 < 1,765).
Nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen I sebesar 81,25 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen II sebesar 75,42. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen I diperoleh L0 (0,1032) < Ltabel (0,1477), dan data post-test kelas eksperimen II diperoleh L0 (0,1392) < Ltabel (0,1477). Sehingga disimpulkan data post-test kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data post-test kedua sampel homogen, dimana Fhitung < Ftabel (1,689 < 1,765). Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 2,02 > 1,668. Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran matematika realistik dengan pembelajaran berbasis masalah pada materi SPLDV siswa kelas VIII di SMP Negeri 29 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK -2016 MAT 018 |
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika Relalistik; Persamaan Leniar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 May 2016 17:21 |
Last Modified: | 12 May 2016 17:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5206 |