Sartika (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII MTS AL-MA’SHUM KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.409111075_COVER.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2. NIM.409111075_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. NIM.409111075_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4. NIM.409111075_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM.409111075_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. NIM.409111075_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM.409111075_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM.409111075_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM.409111075_BAB I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
13. NIM.409111075_BAB V.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
14. NIM.409111075_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi pecahan di kelas VII Mts Al-Ma’shum. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Al-Ma’shum yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas VII.
Dari analisis data, terjadi peningkatan aktivitas belajar dari 5,41 % pada observasi awal menjadi 13,89% pada pembelajaran siklus I, sehingga terjadi peningkatan aktivitas belajar sebesar 8,48%. Sedangkan pada pembelajaran siklus II aktivitas belajar sebesar 77,78% dan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 63,89%. Kriteria peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dalam penelitian ini yaitu jumlah persentase tingkat aktivitas siswa baik dan sangat baik ³ 70% dari banyak siswa dan telah dipenuhi saat siklus II.
Dari analisis data, ketuntasan hasil belajar pada tes awal yaitu sebesar 19,44% dan pada Tes Hasil Belajar (THB) I yaitu sebesar 38,89%, sehingga terjadi peningkatan dari tes awal ke THB I yaitu sebesar 19,45%. Sedangkan pada Tes Hasil Belajar (THB) II yaitu sebesar 86,11%, sehingga terjadi peningkatan dari THB I ke THB II yaitu sebesar 47,22%. Sehingga kriteria penilaian peningkatan hasil belajar matematika siswa diperoleh ketuntasan daya serap klasikal paling sedikit 85% telah dipenuhi pada siklus II.
Berdasarkan uraian di atas disimpulkan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi pecahan di kelas VII Mts Al-Ma’shum
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 033 |
Keywords: | Belajar dan Mengajaran Matematika; Hasil Belajar; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 May 2016 01:12 |
Last Modified: | 12 May 2016 01:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5202 |