PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII MTS AL-MA’SHUM KISARAN

Sartika (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII MTS AL-MA’SHUM KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.409111075_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.409111075_COVER.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.409111075_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM.409111075_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.409111075_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM.409111075_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.409111075_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM.409111075_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.409111075_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM.409111075_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.409111075_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM.409111075_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.409111075_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM.409111075_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.409111075_DAFTAR  LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM.409111075_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.409111075_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.409111075_BAB I.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.409111075_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.409111075_BAB V.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.409111075_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM.409111075_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi pecahan di kelas VII Mts Al-Ma’shum. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Al-Ma’shum yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas VII.
Dari analisis data, terjadi peningkatan aktivitas belajar dari 5,41 % pada observasi awal menjadi 13,89% pada pembelajaran siklus I, sehingga terjadi peningkatan aktivitas belajar sebesar 8,48%. Sedangkan pada pembelajaran siklus II aktivitas belajar sebesar 77,78% dan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 63,89%. Kriteria peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dalam penelitian ini yaitu jumlah persentase tingkat aktivitas siswa baik dan sangat baik ³ 70% dari banyak siswa dan telah dipenuhi saat siklus II.
Dari analisis data, ketuntasan hasil belajar pada tes awal yaitu sebesar 19,44% dan pada Tes Hasil Belajar (THB) I yaitu sebesar 38,89%, sehingga terjadi peningkatan dari tes awal ke THB I yaitu sebesar 19,45%. Sedangkan pada Tes Hasil Belajar (THB) II yaitu sebesar 86,11%, sehingga terjadi peningkatan dari THB I ke THB II yaitu sebesar 47,22%. Sehingga kriteria penilaian peningkatan hasil belajar matematika siswa diperoleh ketuntasan daya serap klasikal paling sedikit 85% telah dipenuhi pada siklus II.
Berdasarkan uraian di atas disimpulkan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi pecahan di kelas VII Mts Al-Ma’shum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 033
Keywords: Belajar dan Mengajaran Matematika; Hasil Belajar; Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 May 2016 01:12
Last Modified: 12 May 2016 01:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5202

Actions (login required)

View Item
View Item