PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 MEDAN T.A 2015/2016

Regar, Shanti Ramona (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4111111023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4111111023 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4111111023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4111111023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4111111023 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4111111023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4111111023 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4111111023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4111111023 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4111111023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4111111023 DAFTAR  GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4111111023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4111111023 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4111111023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4111111023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4111111023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4111111023 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4111111023 BAB I.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4111111023 BAB  V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4111111023 BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4111111023 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4111111023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Think-Pair-Share pada materi teorema phytagoras. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Medan, dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling acak sederhana. Sampel penelitian adalah kelas VIII-6 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen A dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VIII-4 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen B dengan model pembelajaran Think-Pair-Share. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test uraian yang berjumlah 5 soal yang telah divalidkan oleh validator. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikasi 5 % dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada pengujian data pretes kedua kelas, diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dari nilai hasil belajar kedua kelas diperoleh nilai thitung = 2,189, ttabel = 1,669 dan dk = 68 sesuai dengan kriteria pengujian terima H0 jika thitung < t1. Dari perhitungan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 2,189 > 1,669. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yag diajarkan dengan model Think-Pair-Share di Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 024
Keywords: Eksperimen Eemu, Problem Based Learning; Think-Pair-Share.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 May 2016 00:27
Last Modified: 12 May 2016 00:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5200

Actions (login required)

View Item
View Item