Mawarni, Suci (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SELESAI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4112111019 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4112111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
3. NIM. 4112111019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4112111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. NIM. 4112111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 4112111019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4112111019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 4112111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM. 4112111019 BAB I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM. 4112111019 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4112111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan dua model pembelajaran, yakni model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi teorema Pythagoras. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Selesai dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling acak sederhana dan pemilihan kelas dilakukan secara random, didapatkan siswa kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen A dan kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen B yang masing-masing berjumlah 34 dan 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai dengan jumlah soal 6 butir yang telah divalidkan oleh validator. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data selisih posttest-pretest diperoleh thitung = 7,78255 sedangkan ttabel = 1,669. Karena thitung > ttabel (7,8255 > 1,669), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 1 Selesai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 038 |
Keywords: | Eksperimen Eemu; Problem Based Learning (PBL); STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 May 2016 23:53 |
Last Modified: | 11 May 2016 23:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5196 |