Napitupulu, Yessy L. (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN TIPE STAD MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP N 1 SIANTAR NARUMONDA T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4.RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
14.BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melihat perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan dua model pembelajaran, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TPS menggunakan alat peraga dan model pembelajaraan kooperatif tipe STAD menggunakan alat peraga di kelas VII SMP Negeri 1 Siantar Narumonda T.A 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Siantar Narumonda T.A. 2014/2015. Sampel diambil melalui teknik random sampling , diperoleh kelas VII-A sebagai kelompok eksperimen A sebanyak 23 orang yang diajar dengan Model pembelajaran kooperatif tipe TPS menggunakan alat peraga dan VII-B sebagai Kelas Eksperimen B sebanyak 23 orang yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan alat peraga. Instrument penelitian ini berupa tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal. Sebelum tes ini diberikan kepada kelas sampel terlebih dahulu diujicobakan di kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Siantar Narumonda.
Selisih hasil tes menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS menggunakan alat peraga dengan model pembelajaran kooperatif STAD menggunakan alat peraga. Pada kelas eksperimen A diperoleh selisih tes adalah 4,65 , dan pada kelas Eksperimen B selisih tes adalah 3,56.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t dua pihak diperoleh thitung = 2,3351 dan dengan dk 44 dan taraf nyata . Dapat dilihat bahwa ternyata thitung tidak berada dalam interval -2,0157 < t < 2,1057 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS menggunakan alat peraga dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan alat peraga pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 1 Siantar Narumonda T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 005 |
Keywords: | Hasil Belajar; Media Pembelajaran; Himpunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 May 2016 23:30 |
Last Modified: | 11 May 2016 23:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5195 |