Harefa, Robinson (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SMA METHODIST BERASTAGI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4113111067 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM 4113111067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
3. NIM 4113111067 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
4. NIM 4113111067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. NIM 4113111067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM 4113111067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM 4113111067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4113111067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM 4113111067 BAB I.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
13. NIM 4113111067 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 4113111067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan pembelajan problem posing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas X SMA Methodist Berastagi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMA Methodist Berastagi T.A 2015/2016 sebanyak 22 orang.
Hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa kelas X-3 diperoleh 18 orang siswa (81,82%) yang mencapai nilai persentase <65% dan 4 orang siswa (18,,18%) yang mencapai nilai persentase ≥65% (syarat ketuntasan belajar TKPM) dengan rata – rata nilai pada tes awal 39,67.
Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui pendekatan pembelajaran problem posing, nilai tes hasil belajar TKPM I di kelas X-3 dari 22 orang siswa, 11 orang siswa (50%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal (yang mendapat nilai persentase ≥65%) sedangkan 11 orang siswa (50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar TKPM dan nilai rata – rata kelasnya mencapai 56,02. Sedangkan setelah dilakukannya perbaikan dari siklus I pada siklus II, nilai tes hasil belajar TKPM siklus II dari 22 orang siswa siswa, 20 orang siswa (90,91%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal (yang mendapat nilai persentase ≥65%) dan 2 orang siswa (9,09%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar TKPM dan nilai rata–rata kelasnya mencapai 78,54. Dengan kata lain, nilai dari ketuntasan klasikal tes hasil TKPM I di kelas X-3 mengalami peningkatan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing di SMA Methodist Berastagi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 023 |
Keywords: | Pemecahan Masalah; Problem Posing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 May 2016 22:52 |
Last Modified: | 11 May 2016 22:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5192 |