Nurlia, Indah (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113311024 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 4113311024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
3. NIM. 4113311024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4113311024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 4113311024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 4113311024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4113311024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4113311024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4113311024 BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
13. NIM. 4113311024 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 4113311024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik (PMR) (2) Mengetahui keefektivan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis PMR untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa (3) Mengetahui respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis PMR.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan terhadap perangkat melalui model 4-D (Four-D Model) yang dikemukakan oleh S. Thiagarajan dan Semmel dan dimodifikasi sesuai kebutuhan menjadi 3-D (Three-D Model). Model ini meliputi tiga tahapan terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop).Uji coba perangkat pembelajaran dilakukan sebanyak dua kali coba dan dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubukpakam. Pada uji coba 1, sampel penelitian diambil dari kelas VII-A sebanyak 25 orang dan setelah diperoleh hasilnya tidak efektif sehingga dilakukan perbaikan maka dilakukan uji coba kedua. Pada uji coba 2 sampel diambil dari kelas VII-B sebanyak 24 orang. Hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal berikut: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis PMR sebesar 5,424%. (2) Keefektivan perangkat pembelajaran berbasis PMR disimpulkan berdasarkan bahwa: (a) ketuntasan klasikal sebesar 87,5%, (b) ketercapaian tujuan pembelajaran khusus (TPK) : tuntas. (3) Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis PMR adalah positif. Sehingga disarankan kepada setiap guru terutama guru matematika agar mampu mengembangkan perangkat pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 030 |
Keywords: | RPP; LKS; Pendekatan; Matematika Realistik; Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 May 2016 19:30 |
Last Modified: | 11 May 2016 19:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5185 |