Pulungan, Mailita Sari (2016) EKSPLORASI KESULITAN BELAJAR SERTA PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I DI SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4111121013 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 4111121013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
3. NIM 4111121013 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM 4111121013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. NIM 4111121013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM 4111121013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7. NIM 4111121013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 4111121013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 4111121013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10 NIM 4111121013 BAB I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
14. NIM 4111121013 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15 NIM 4111121013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesulitan belajar serta menyelidiki pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 7 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua dari enam kelas, yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang berjumlah 35 orang dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kesulitan belajar siswa berupa angket yang terdiri dari 29 pernyataan dan instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa soal pilihan berganda dalam ranah kognitif yang terdiri dari 20 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas, sikap dan keterampilan siswa. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh persentase kesulitan belajar siswa pada setiap pertemuannya mengalami penurunan, dan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata persentase perkembangan aktivitas, sikap dan keterampilan masing-masing dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 001 |
Keywords: | Model Inkuiri Terbimbing; Kesulitan Belajar; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 May 2016 19:35 |
Last Modified: | 10 May 2016 19:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5178 |