Siregar, Eko Febri Syahputra (2015) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 104188 MEDAN KRIO. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182014 COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2. NIM. 8136182014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
3. NIM. 8136182014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. NIM. 8136182014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 8136182014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM. 8136182014 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8136182014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
8. NIM. 8136182014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. NIM. 8136182014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
13. NIM. 8136182014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
14. NIM. 8136182014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajarkan dengan model Project Based Learning dan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ekspositori; (2) Perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan model Project Based Learning dan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan menggunakan model ekspositori; (3) Perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan model Project Based Learning dan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan menggunakan model ekspositori; (4) Interaksi antara Model Project Based Learning dengan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104188 Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2014/2015 dengan populasi seluruh siswa kelas IV sebanyak 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A dan Kelas IV B yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Adapun instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar, angket motivasi belajar dan daftar ceklist penilaian proyek. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik ANAVA dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar kelompok siswa yang diajarkan dengan model project based learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar pada kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model ekspositori dengan nilai FHitung = 6,41 > Ftabel = 3,99; (2) hasil belajar kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan model project based learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan menggunakan model ekspositori dengan nilai Fhitung = 13.93 > Ftabel = 2.74; (3) hasil belajar kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan model project based learning tidak lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan menggunakan model ekspositori dengan nilai menunjukkan Fhitung = 0.01 < Ftabel = 2.74; (4) terdapat interaksi antara model project based learning dan motivasi belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa dengan nilai FHitung = 4,37 > Ftabel = 3,99.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sir p |
Keywords: | Model pembelajaran; Model ekspositori; Motivasi belajar; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 May 2016 18:51 |
Last Modified: | 10 May 2016 18:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5169 |