Nazli, Akmalun (2015) PEMANFAATAN MUSEUM NEGERI PROVINSI SUMATERA UTARA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HIKMATUL FADHILLAH MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182004 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM. 8136182004 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. NIM. 8136182004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM. 8136182004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
5. NIM. 8136182004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
6. NIM. 8136182004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 8136182004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8136182004 BAB I.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
12. NIM. 8136182004 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
13. NIM. 8136182004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian: (1) mengetahui pemanfaatan museum sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik terpadu di SD; (2) mengetahui apresiasi peserta didik; (3) menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik yang memanfaatkan museum sebagai sumber belajar dengan peserta didik yang tidak memanfaatkan museum sebagai sumber belajar; dan (4) menganalisis kendala yang dihadapi guru dan peserta didik SD dalam memanfaatkan museum. Subjek penelitian adalah peserta didik yang memanfaatkan museum sebagai sumber belajar yaitu kelas IVA dan IVB SD. Penelitian ini merupakan mixed research. Teknik pengumpulan data: wawancara semiterstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pemanfaatan museum sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik terpadu dilakukan dengan cara: pengarahan dari guru, proses pengamatan, pemberian tugas mandiri, melalui beberapa mata pelajaran, IPS, matematika, Bahasa Indonesia, SBdP, dan PKn; (2) dampak positif pemanfaatan museum dilihat dari partisipasi belajar siswa, baik di luar kelas maupun di dalam kelas, apresiasi siswa membuat artikel, memajang/memamerkan hasil karya seni, dan hasil laporan perjalanan siswa; (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa, namun tidak terbukti secara signifikan. Hasil perhitungan nilai t diperoleh thitung < ttabel , berarti Ho diterima dan Ha ditolak; dan (4) terdapat 2 kendala yang dihadapi guru, yaitu: teknis di lapangan dan ketidaksiapan guru dalam pembelajaran tematik terpadu. Bagi guru disarankan untuk memiliki kesiapan yang optimal terkait penentuan tema dan subtema, materi pelajaran, penyusunan RPP tematik terpadu. Bagi kepala sekolah disarankan untuk selalu inten dan perduli terhadap pemanfaatan lingkungan (museum) sebagai sumber belajar dalam bentuk pemberian surat ijin kepada guru yang akan membawa siswa untuk melakukan karyawisata ke museum. Bagi pihak sekolah disarankan untuk memberikan sosialisasi kepada orangtua siswa terkait pentingnya museum sebagai sumber belajar, agar membudayakan pemanfaatan sumber belajar dalam setiap kegiatan belajar. Bagi Dinas Pendidikan Kota Medan disarankan untuk membuat surat edaran ke sekolah untuk memanfaatkan museum dalam pembelajaran. Bagi pengelola museum disarankan agar senantiasa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pengunjung siswa-siswi dengan cara membantu guru untuk mendampingi para siswa ketika siswa melakukan pengamatan di museum serta menambah koleksi-koleksi museum yang belum lengkap.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.384 Naz p |
Keywords: | Pembelajaran tematik; Museum; Sumber belajar; Koleksi musem; Jenis museum |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L797 Educational exhibitions and museums L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 May 2016 18:25 |
Last Modified: | 26 May 2016 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5163 |