Harahap, Masdalena Safitri (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA KELAS VB SD NEGERI 064004 BELAWAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182031_COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
2. NIM. 8136182031_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3. NIM. 8136182031_SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
4. NIM. 8136182031_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM. 8136182031_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM. 8136182031_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7. NIM. 8136182031_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8. NIM. 8136182031_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
9. NIM. 8136182031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
10. NIM. 8136182031_BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
14. NIM. 8136182031_BAB V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
15. NIM. 8136182031_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) Meningkatkan minat belajar siswa (3) Mengetahui Efektivitas penerapan strategi pembelajaran PQ4R terhadap pembelajaran matematika siswa, dan (4) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran PQ4R. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas VB SD Negeri 064004 Belawan dengan banyak siswa 26 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, angket respon dan minat belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan strategi PQ4R dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Untuk klasikal kelas pada siklus I sebesar 42,1% pada pertemuan pertama dan 54,5% pada pertemuan kedua dan pada siklus II menjadi 68,4% pada pertemuan pertama dan 78,3% pada pertemuan kedua (2) penggunaan strategi PQ4R dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa, untuk skor angket minat belajar matematika meningkat dari 1,52% pada siklus I menjadi 2,61% pada siklus II(3) penggunaan strategi PQ4R terhadap proses pembelajaran matematika efektif, ditandai dengan tercapainya (i) ketuntasan klasikal sebesar 78,3% diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 75%, (ii) persentase aktivitas siswa kategori baik sebesar 78,9% pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 94,7% pada siklus II, untuk kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 80% diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 75%, (iii) waktu yang efisien, dimana penerapan pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan waktu pada RPP (4) respon siswa terhadap strategi pembelajaran PQ4R baik, siswa menganggap pembelajaran ini merupakan suatu pembelajaran yang baru sehingga siswa berminat mengikuti pembelajaran di kelas. Rekomendasi atas hasil penelitian ini adalah para guru agar melaksanakan strategi pembelajaran PQ4R sebagai salah satu alternatif upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Har p |
Keywords: | Hakikat belajar; Hakikat matematika; Minat belajar; Strategi belajar; Pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 May 2016 18:18 |
Last Modified: | 10 May 2016 18:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5162 |